Sisi Positif Mengajak Balita Berwisata

Sisi Positif Mengajak Balita Berwisata

Jangan ragu mengajak balita berwisata karena banyak manfaat positif yang didapat. Para orang tua jaman dulu seringnya melarang anak kecil apalagi balita bepergian jauh. Alasannya bermacam, mulai dari segi kesehatan dan keamanan.

Tetapi saat ini sudah banyak tempat wisata ramah anak yang aman. Didukung dengan sarana transportasi umum yang memadai.

Berwisata tidak harus ke tempat jauh yang membutuhkan banyak persiapan serta biaya. Tempat hiburan di tengah kota bisa dijadikan alternatif mengajak anak balita bereksplorasi. Saat ini mall adalah tempat yang paling representatif untuk liburan singkat. Wahana permainan edukasi sudah banyak tersedia. Aman dan nyaman untuk bermain balita dan orang tua.

Media Belajar Anak

Balita adalah tahap perkembangan dini yang mudah distimulis. Dengan mengajak berwisata, balita akan mudah mengenal berbagai hal baru. Orang tua bisa mengenalkan secara langsung apa itu kendaraan umum, macam dan jenisnya, mengenal bangunan fasilitas umum seperti kantor pos, rumah sakit dan sebagainya.

Bisa menggunakan fasilitas transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Semakin banyak macam warna yang bisa dikenali secara langsung oleh balita. Misalnya ketika mengajak anak bermain di taman kota. Orang tua bisa mengenalkan wana hijau untuk tanaman, merah putih untuk bunga yang ditemui, mungkin juga jenis hewan disekitar taman. Anak juga lebih mudah beradaptasi, berkomunikasi dan bergaul dengan teman seumurannya.

Belajar mengenal hewan secara langsung bisa dilakukan dengan mengajak anak balita berwisata ke kebun binatang terdekat. Anak kecil lebih mudah menangkap sensor dari lingkungan sekitar. Kebun binatang menyajikan berbagai macam satwa yang bisa menjadi media edukasi langsung.

Mengenal bentuk dan nama hewan lebih mudah. Sekaligus merangsang keingintahuan terhadap lingkungan sekitar.

Mengajak Balita Berwisata Mempererat Bonding

Mengajak balita berwisata dapat mempererat hubungan antara orang tua dengan anak. Menghabiskan waktu bersama keluarga inti dengan suasana santai yang penuh bahagia akan menumbuhkan rasa saling memiliki dan membutuhkan.

Jika keseharian balita biasa diasuh oleh orang lain, berwisata bisa mengembalikan bonding. Balita selama berwisata akan sangat tergantung pada orang tua.

Orang tua yang keduanya pekerja biasanya akan kehilangan moment penting dalam proses tumbuh kembang anak. Padahal usia anak dibawah 5 tahun adalah saat yang sangat sesuai untuk membangun keeratan bonding. Kedekatan dalam keluarga akan menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Komunikasi lebih mudah terjalin. Anak lebih hormat kepada orang tua.

Anak yang dekat dengan orang tua cenderung lebih berprestasi. Kehadiran orang tua menjadi motivasi untuk tampil lebih baik. Keterbatasan waktu karena berbagai kesibukan pekerjaan bisa digantikan dengan moment wisata. Waktu singkat akan menjadi sangat berkualitas. Karena komunikasi intens antara orang tua dan anak. Jadi tak perlu ragu mengajak balita berwisata.

Related Posts