Belajar dan bermain bersama buah hati di Kebun Binatang Ragunan

Belajar dan Bermain Bersama Buah Hati di Kebun Binatang Ragunan

Dengan Luas 140 hektar membuat Kebun Binatang Ragunan menjadi tempat wisata yang sangat luas yang terletak di daerah Ragunan, Jakarta Selatan. Didalamnya terdapat lebih dari 295 spesies dan 4.040 spesimen.

Saat ini kita bisa mengunjungi Kebun Binatang Ragunan dengan menggunakan Trans Jakarta. Biaya masuk yang cukup murah membuat tempat ini menjadi incaran wisatawan domestik maupun manca negara. Jumlah pengunjung yang sangat besar biasanya saat liburan sekolah bahkan saat hari raya Idul Fitri.

Pintu masuk ke Kebun Binatang Ragunan pun ada 4 titik yaitu Pintu Utama atau disebelah Utara (pintu ini bisa dijangkau dengan Trans Jakarta), Pintu Barat melalui Jalan Cilandak KKO, Pintu Timur melalui Jalan Raya Kebagusan dan Pintu Selatan melalui Jalan Sagu (pintu ini hanya situasional dibuka).

Selain tujuan wisatawan datang kesini adalah untuk melihat jenis-jenis hewan, mereka pun sangat suka menikmati suasana rimbun dan teduh karena didalam area Kebun Binatang Ragunan ini banyak sekali pohon-pohon besar.

Ada juga yang berniat untuk olah raga karena kontur tanah yang penuh tantangan atau juga ada yang sengaja menyewa sepeda untuk berkeliling didalam Kebun Binatang Ragunan ini. Bahkan ada juga keluarga atau kantor mengadakan acara gathering disana, tinggal gelar tikar dan semua orangpun bisa duduk nyaman dibawah rindangnya pohon.

Aneka kuliner siap memanjakan wisatawan dengan rasa yang enak dan harga yang murah.

Saya tinggal hanya 2 Km dari Pintu Timur, tetapi saya tetap suka untuk berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan itu. Bahkan saya membuat sebuah permainan yang saya beri nama “detektif SOS” buat anak-anak saya dan teman mereka.

Saat itu anak saya yang besar duduk di kelas 6 SD dan adiknya duduk di kelas 5 SD. Jadi saya buat 2 tim, Tim kelas 6 dan tim kelas 5. Mereka harus menyelesaikan serangkaian tugas yang saya berikan dan uniknya setiap petunjuk akan saya sembunyikan di area seputar kandang hewan-hewan.

Anak-anak saya dan teman-temannya sangat bersemangat melakukan permainan ini dan tentunya ada hadiah yang sudah saya sembunyikan juga di area seputar kandang hewan. Biasanya permainan ini bisa mengambil waktu sekitar 2 jam.

Jadi bagi saya dan anak-anak saya, Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata sekaligus tempat belajar dan bermain. Setelah lelah bermain barulah kami melanjutkan wisata melihat kelucuan dan keunikan hewan-hewan disana.

Kebun Binatang Ragunan yang juga dikenal sebagai Taman Margasatwa Ragunan ini tutup setiap hari Senin yang dikenal sebagai Hari Libur Satwa. Jadi bagi wisatawan dari luar daerah sebaiknya tahu akan jadwal tutupnya Kebun Binatang Ragunan ini.

Related Posts